Minggu, 18 Desember 2011

WE PLAY AGAIN ! WE WIN AGAIN

Hari Sabtu dan Minggu tanggal 10 - 11 Desember 2011, mungkin akan menjadi momen sejarah yang tidak akan terlupakan bagi UKM Judo Trisakti. Karena di tanggal tersebutlah, 4 atlet Judo asal Universitas Trisakti berhasil menyabet 3 Medali emas dan 1 medali perak dalam Kompetisi The 4th President Cup International Open Sambo Championship yang digelar di Eunpyeong-gu Sports Center, Seoul, Korea Selatan.

3 Emas & 1 Perak bagi Team Sambo Indonesia
Kegiatan international yang diikuti oleh 10 Negara ini, menjadi saksi nyata perjuangan bibit-bibit atlet berpotensi asal Univesitas Trisakti dalam usahanya untuk mengibarkan sang merah putih, di ajang olahraga tingkat dunia tersebut. Inilah babak lanjutan prestasi atlet Universitas Trisakti di Kompetisi Sambo International setelah sebelumnya salah satu pejudo asal UKM Judo berhasil meraih gelar Juara Dunia Sambo, di Tashkent Uzbekistan 3 tahun silam.

Banyak yang belum mengetahui, bagaimana awal mula UKM Judo dapat berperan di olahraga Sambo atau apakah olahraga Sambo itu. Sebagai informasi singkat, Sambo merupakan olahraga yang dikembangkan dari olahraga Judo di wilayah Rusia. Terdapat 2 cabang untuk olahraga Sambo yaitu Sport Sambo (Russian Judo) dan Combat Sambo ( Teknik Perkelahian Bebas ). Dengan kemiripan dan kesamaan teknik dan gerakan, tidak heran banyak negara-negara peserta kejuaraan Sambo dunia yang melibatkan partisipasi atlet dari cabang Olahraga Judo dan Gulat tradisional Rusia. 

Di awal Tahun 2009, untuk pertama kalinya Presiden Sambo Asia tertarik untuk mengajak beberapa pejudo berprestasi asal Universitas Trisakti sekaligus mengantarkan Sdr. Maulana Adriansyah yang saat itu tercatat sebagai salah satu Mahasiswa Fakultas Hukum Usakti, meraih gelar juara dunia di peringkat ke-3 dalam World All Star Sambo Championship yang diselenggarakan di Taskhent, Uzbekistan.

Melalui keberhasilan tersebutlah, pada akhirnya Asian Sambo Federation, memberikan kesempatan kembali kapada beberapa atlet dari UKM Judo Trisakti yang berpotensi untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Sambo Piala Presiden Korea sekaligus meraih prestasi yang cukup spektakuler di kegiatan tersebut. Tentunya, Keberhasilan yang telah diraih oleh atlet dari UKM Judo Trisakti, tentu tidak tanpa cobaan. Berawal dari kecemasan Sdr.Subhan Prasandra, SH., selaku pelatih UKM Judo yang harus menunggu kelahiran Putri pertamanya di detik-detik terakhir keberangkatan Team, dilanjutkan dengan terbatasnya asupan makanan bagi seluruh peserta yang beragama Islam, minimnya sumber pendanaan hingga ekstrimnya cuaca dingin (-5 C) yang melanda seluruh team yang berasal dari UKM Judo Universitas Trisakti.

Namun, berkat tekad dan semangat team yang tidak pernah surut. Seluruh halangan yang menghadang pada akhirnya dapat teratasi dengan baik. Kondisi inilah yang memotivasi seluruh team untuk bermain dan bertanding dalam kondisi terbaiknya. Sayang, kami harus merelakan 1 medali emas ketika Atlet asal Rusia berhasil membuktikan pola permainan yang sangat baik saat berhadapan dengan atlet Trisakti di final kelas -81kg Putra.

Keberhasilan ini tentunya berdampak sangat besar artinya bagi Team Indonesia yang diwakili oleh atlet Judo dari Universitas Trisakti. Betapa tidak, melalui keberhasilan ini President Sambo Rusia menyatakan akan mengirimkan delegasi dari Rusia untuk membantu mensosialisasikan Olahraga Sambo di Universitas Trisakti, sekaligus meminta agar atlet yang berasal dari Universitas Trisakti dapat berpartisipasi dalam World Sambo Championship, di Moskow Rusia pada bulan Maret 2012 Mendatang. Selain itu, Presiden Sambo Rusia pun meminta kesiapan Atlet dari Universitas Trisakti dalam ikut ambil bagian dalam UNIVERSIADE 2013, yang akan diselenggarakan di Kota Moskow, Rusia.

Inilah prestasi penutup tahun yang akhirnya dapat kami persembahkan bagi kejayaan Universitas Trisakti di pentas Olahraga Internasional. Kami menyadari, tanpa dukungan penuh dari Universitas Trisakti. Seluruh Team yang terdiri dari :

1. Subhan Prasandra, SH. (Pelatih)
2. Andi Irawan, SH., (Official)
3. Siti Juwita
4. Muhammad Haie Hawari
5. Suci Febriani Aulia Yolanda
6. Rama Donni Alarif Billah

Belum tentu dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi Universitas Trisakti. Selain itu, rasa bangga dan suka cita tampak jelas terlihat dari Bpk. M. Toha ( Toto ) selaku karyawan Trisakti bagian perpakiran di Areal Jungle Gedung M. Sebagai informasi, Bpk. M. Toha merupakan orang tua kandung dari Rama Doni Alarif Billah salah satu atlet pelajar asal UKM Judo yang memperkuat Indonesia di kegiatan ini. Tidak akan ada yang menduga, bahwa Rama Donni merupakan anggota UKM Judo Trisakti termuda (berusia 14 tahun) yang dititipkan oleh ayahnya di program Judo Trisakti After School (JAS) pada tahun 2009. Melalui Program inilah, Rama Donni dan banyak pelajar lainnya, sukses membawa panji Olahraga Universitas Trisakti di pentas olahraga daerah, nasional dan Internasional meski masih berstatus pelajar.

Bersama President Korea Sambo Federation 
Di Tahun 2012 mendatang, selain tetap terfokus kepada beberapa program Judo yang telah kami kembangkan dengan beberapa organisasi Judo Internasional. Kami pun akan mencoba memulai program pelatihan olahraga Sambo (Sport Sambo & Combat Sambo) secara intensif dan berkesinambungan dengan tujuan utama, dapat memperkuat team Indonesia di Universiade 2013 mendatang. Semoga, di tangan kepemimpinan Sdri. Siti Juwita (Mahasiswi Fak. Ekonomi Jurusan Akutansi Perpajakan Usakti), sebagai Ketua UKM Judo Periode 2012 yang terpilih secara aklamasi (suara terbanyak berdasarkan prestasi). UKM Judo Trisakti dapat kembali memberikan sumbangsih bagi kejayaan panji olahraga Universitas Trisakti di kemudian hari.
Informasi lebih lanjut :

DOJO TRISAKTI
d/a. Gedung Fakultas Hukum Lantai 9 Ruang 901,
Kampus A Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No. 1 Grogol Jakarta Barat
Tel. (021) 99111355, (021) 98941345 Fax. (021) 5468628
SMS Center : 081809540666
Hp. 081311405131, 08571121176
Email. Info@judotrisakti.com
Web. www.judotrisakti.com

Jadwal Latihan
Senin – Rabu – Jumat
Pkl. 15.00 Wib - Selesai

1 komentar:

COCOC PETOC ONLINE STORE mengatakan...

sukses selalu semoga menjadi bagian dari pahlawan pengibar bendera sangsaka di event-event internasional